Blogging – Membuka Pintu untuk Pemasaran Media Sosial

Untuk sebagian besar bisnis kecil yang melihat pilihan untuk Social Media Marketing, blogging nampaknya menjadi pilihan logis dan termurah pertama. Sebuah blog adalah cara terbaik untuk memanfaatkan seperangkat alat canggih – kebanyakan tersedia gratis atau dengan biaya nominal – sementara juga memperoleh beberapa pengembalian investasi langsung.

Jadi apa itu blog?

Secara sederhana, blog adalah perangkat lunak yang memungkinkan siapa saja yang dapat memposting konten ke situs web dan menampilkan hal yang sama seperti jurnal saya secara kronologis. Konten ini bisa apa saja yang pemilik blog atau penulis postingan pilih untuk menulis. Pembaca halaman blog bisa memberi komentar atau berlangganan ke blog sehingga mereka diberitahu secara otomatis setiap kali ada posting baru. Jika blog ini multi-authored, lebih dari satu penulis bisa memposting konten ke blog. Kapan pun konten semacam itu diposkan, mesin pencari secara otomatis menerima pemberitahuan atau PING (seperti yang disebut istilah teknis) sehingga mereka dapat mengindeksnya lebih jauh. Mesin pencari pada dasarnya menyukai blog!

Mulai dari mana?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, blog dijalankan oleh perangkat lunak dan tugas pertama adalah menentukan perangkat lunak apa yang akan digunakan. Pencarian cepat di Google akan memberi Anda ratusan pilihan, tapi kami akan fokus pada beberapa pilihan populer:

– Windows Live Space: alat gratis dari Microsoft yang memungkinkan Anda mensetup blog dengan semua alat yang tepat. Selain itu, Anda juga dapat menambahkannya kepada Anda Office Live Small Business Web Site.

– Blogger: alat gratis lainnya dari Google untuk menyiapkan blog.

– TypePad: layanan host lain dengan banyak fitur dan proses start up yang sederhana.

Apa selanjutnya?

Kiat berikut membantu memaksimalkan praktik blogging baru Anda:

– Baca blog lain dan lihat apa dan bagaimana tulisan orang lain. Berlangganan blog yang menarik minat Anda sehingga Anda diberi tahu kapan posting baru dibuat. Selain itu, membaca apa yang sedang ditulis orang lain adalah sumber inspirasi dan gagasan baru.

– Posting sesering mungkin. Buatlah kebiasaan atau setup pengingat sehingga Anda tidak melewatkan posting. Ingat, ini membangun loyalitas pembaca dan pembaca yang tahu tentang blog Anda akan menunggu beberapa konten segar dari Anda.

– Jaringan dengan blogger lain dan memberi komentar di postingan blog mereka. Hal ini penting dalam membangun pembaca Anda sendiri. Jangan spam atau menulis komentar yang tidak relevan untuk kepentingan itu. Buat komentar yang relevan dan berguna dan Anda harus mulai melihat lalu lintas dan tautan yang kembali ke blog Anda.

– Dorong pembaca dan pengunjung Anda untuk memberi komentar. Tulislah dengan cara yang meminta pendapat pembaca, ajukan pertanyaan. Libatkan mereka

– Sebarkan sayap Anda dan tautkan ke situs konten dan blog lain yang relevan. Menambahkan feed ke situs seperti Technorati, Delicious, StumbleUpon, Twitter, Facebook, dll sangat membantu menyebarkan posting Anda ke ribuan orang.

Ada begitu banyak alasan bagus bagi usaha kecil untuk menggunakan blog sebagai alat pemasaran dan komunikasi web yang esensial. Bagi mereka yang masih belum melihat nilainya atau pernah memikirkannya tapi tidak pernah menemukan waktu untuk memulai – pikirkan dengan serius.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *